Minggu, 27 Nov 2022
  • SELAMAT DATANG DI LAMAN RESMI MAN BLORA | manblora.sch.id

MAN Blora Raih Apresiasi dalam Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) 2020

Blora (6/11/2020). Kabar menggembirakan datang untuk MAN Blora, pasalnya dalam ajang Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) 2020 tim penelitian mendapatkan Apresisasi dari panitia pelaksana. KoPSI merupakan ajang lomba tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. KoPSI menjadi salah satu ajang bergengsi tingkat nasional dengan peserta siswa SMA/MA/SMK dari seluruh Indonesia. Ajang KoPSI memperebutkan Medali Emas, Perak dan Perunggu serta Apresisasi untuk perwakilan sekolah dalam katergori tertentu.

KoPSI 2020 merupakan ajang lomba yang pertama kali diikuti oleh MAN Blora. Pada ajang KoPSI sebelumnya atau dahulu bernama Olimpiade Siswa Indonesia (OPSI) MAN Blora belum pernah sama sekali ikut serta. Pada tahun 2020 dengan mengirimkan 1 tim yang beranggotakan Nurul Fatonah dari kelas XII MIPA 1 dan Nabiihah Jihan Pratiwi dari kelas XI MIPA 1, perwakilan dari MAN Blora mampu melaju sampai babak Grand Final.

Tim KoPSI MAN Blora mengangkat tema lingkungan sebagai pokok penelitian untuk dilombakan. Dengan mengambil judul Residu Ulat Tepung Pengurai Styrofoam sebagai Pakan Unggas, tim KoPSI MAN Blora berfokus untuk mengkaji permasalahan sampah Styrofoam dan dampaknya terhadap unggas jika diberi pakan dengan media ulat tepung. Judul yang diajukan oleh tim KoPSI MAN Blora rupanya mampu menarik juri hingga mampu untuk melaju hingga babak Grand Final dalam bidang Matematika Sains dan Teknologi (MST).

Pelaksanaan KoPSI oleh tim dari MAN Blora diawali dengan mengikuti seleksi proposal penelitian dalam bidang MST. Proposal yang terkumpul seluruh Indonesia 1300an proposal dari berbagai bidang lomba. Setelah dinyatakan lolos tahap pertama, 1267 naskah melaju ke babak berikutnya pada bulan Juli-September 2020 untuk melaksanakan penelitian, pada tahap ini tim penelitian MAN Blora membutuhkna waktu 30 hari. Laporan dibuat setelah 30 hari pelaksanaan penelitian dan kemudian diajukan untuk menuju tahap Final. Pada awal Oktober tim KoPSI MAN Blora dinyatakan lolos bersama dengan 149 kontestan lain dari 3 bidang penelitian berbeda.Grand Final KoPSI dilaksanakan pada tanggal 3-6 November 2020 dengan beberapa jenis display atau penyampaian gagasan. Pada pelaksanaan awal penyampaian siswa diminta membuat sebuah video presentasi dengan durasi 7 menit dan membuat poster tentang hasil penelitian yang dilakukan. Selanjutnya siswa melaksanakaan bazar secara online, siswa menampilkan hasil video dan poster yang dibuat serta melaksanakan tanya jawab secara daring kepada pengunjung bazar. Penilaian dilaksanakan dengan proses wawancara dengan Juri untuk menguji hasil penelitian yang sudah dilaksanakan. Akhirnya MAN Blora memperoleh Apresisasi Kepedulian Terhadap Penanganan Masalah Lingkungan Khususnya Sampah.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR